Selasa, 09 September 2008

PENGUKURAN KERJA

• Pengukuran kerja ialah penerapan teknik yang direncanakan untuk menetapkan waktu bagi pekerja yang memenuhi syarat untuk menyelsaikan pekerjaan tertentu pada tingkat prestasi yang ditetapkan.
• Faktor yang meyebebkan kenaikan waktu seluruhnya untuk pembuatan sesuatu barang adalah : sifat dan keadaan barang, proses yang berjalan tidak semestinya, waktu tak efektif yang bertumpuk selama produksi berlangsung, kekurangan pihak manajemen atau kelalaian pihak buruh. Semua faktor inilah yang akan mengurangi produktivitas perusahaan.
• Penelitian kerja adalah teknik utama untuk mengurangi kerja terutama dengan meniadakan gerak tak perlu pada bahan maupun tenaga dan dengan menggantikan metode yang tidak memenuhi syarat.
KEGUNAAN PENGUKURAN KERJA
a) Membandingkan efisiensi beberapa metode yang harus dipilih. Apabila dalam keadaan yang lain sama maka metode yang terbaik ialah yang paling sedikit memerlukan waktu.
b) Mengimbangi pekerjaan masing-masing anggota kelompok, dengan disertai menggunakan bagan aktivitas berganda, sehingga ssedapat mungkin masing-masing anggota menjalankan pekerjaan yang memerlukan waktu yang sama untuk menyelsaikannya.
c) Menentukan mesin dan manusia dengan turut menggunakan bagan aktifitas berganda, untuk sejumlah mesin yang dapat dilayani oleh seorang petugas.

Jikalau standar waktu telah ditetapkan, maka penggunaannya ialah :

d) Memberi keterangan mengenai dasar perencanaan dan pembagian waktu produksi, termasuk yang diperlukan oleh pabrik dan tenaga kerja dalam rangka pelaksanaan rencana kerja serta pemanfaatan kapasitas yang tersedia.
e) Memberi keterangan sebagai dasar taksiran untuk penawaran harga penjualan serta janji penyampaian barang.
f) Menetapkan standar penggunaan mesin serta prestasi tenaga kerja yang selanjutnya dapat dipakai untuk maksud tersebut diatas dan sebagai dasar penentuan perangsang.
g) Memberi keterangan untuk pengawasan biaya tenaga kerja dan untuk dapat menetapkan dan memperrtahankan biaya standar.

TEKNIK PENGUKURAN KERJA
• Penelitian waktu.
• Mengambil sampling kegiatan dan kelanjutannya yakni sampling kegiatan bertingkat
• Sintesa dari keterangan standar
• Sistem waktu gerak yang ditetapkan sebelumnya
• Mengadakan taksiran
• Mengadakantaksiran analitis
• Mengadakantaksiran perbandingan

CARA KERJA DASAR
MEMILIH Pekerja yang akan diteliti
MENCATAT Semua keterangan yang berhubungan dengan keadaan lingkungan tempat pekerjaan, metode serta unsur kegiatan didalamnya
MEMERIKSA Dengan seksama keterangan yang dicatat itu serta perinciannya untuk menjamin bahwa metode serta gerak yang paling efektif digunakan dan unsur tak produktif serta asing telah dipisahkan dari unsur produktif
MENGUKUR Jumlah pekerja yang terlibat dalam masing-masing unsur dalam bilangan waktu dengan menggunakan teknik pengukuran kerja yang cocok.
MENYUSUN Staandar operasi yang termasuk juga kelonggaran waktu untuk melepaskan lelah, keperluan pribadi, hal-hal tak terduga dan sebagainya
MERUMUSKAN Secara tepat rangkaian kegiatan dan metode operasi yang waktunya telah ditetapkan itu pada umumnya waktu itu sebagai standar untuk kegiatan dan metode kerja yang telah diperincikannya.

Tidak ada komentar: